Langsung ke konten utama

Haru Biru dalam Proses Penyapihan si Kecil

Picture by pixabay

Pada postingan kali ini, emak mau curhat aja deh ya. Soalnya sudah guemes banget.

Ceritanya, si anak gadis lagi masa penyapihan. Ini sudah mau masuk minggu kedua.

Proses penyapihan di minggu pertama lumayan sukses, setelah 3 hari yang penuh drama, selanjutnya berjalan cukup mudah. 

Anak gadis tidak lagi meraung marah saat diberi pengertian. Alhmadulillah.

Stepnya kurang lebih seperti yang sudah saya paparkan pada postingan ini dan ini.

Ibu pun happy dong yah, karena proses penyapihan bisa berjalan dengan baik. 

Namun, memasuki minggu kedua, ujian pun datang. Qodarullah, si Cantik demam setelah (mungkin) kelelahan selepas berkegiatan yang cukup menguras energi. (Lihat postingan ini)

Bagaimana tidak, dua hari berturut turut, si Kecil ikut bolak balik berkendara, malam berangkat dari rumah menuju Kuningan. Paginya berangkat lagi ke Cirebon hingga sore hari, ditambah lagi jadwal makan yang tidak teratur, dan sudah tidak lagi menyusu ASI, otomatis daya tahan tubuhnya menurun. Dan ia menjadi rentan sakit.

Terlebih lagi ia harus adaptasi, dari tempat yang cuacanya lumayan panas, ke tempat dengan suhu sangat dingin. Ini mungkin ya awalnya yang memicu suhu tubuhnya menjadi sangat panas. 

Dan begitulah, anak Gadis pun terkulai lemas saat demam melanda, dan saat demam mereda, rupanya nafsu makannya yang sedari awal memang sudah  minimalis pun tidak kembali serta. 

Jika dulu, saat demam, ibu cukup mendekap dan mengASIhi sepenuh hati, maka anak gadis akan terlelap dan esoknya kembali ceria. Saat nafsu makannya belum kembali, ibu masih bisa menyumbangkan energinya lewat ASI, sehingga anak gadispun bisa pulih lebih cepat.

Namun sekarang, dalam kondisi badannya yang tidak fit dan tidak menyusu lagi, ditambah anak gadis enggan makan, atau pun sekedar meminum susu kemasan, otomatis badannya lemas, alhasil ia menjadi mudah tantrum.

Karena enggan makan dan minum, otomatis bawaannya rungsing ya. Seharian rewel. Nafsu makannya pun tak kunjung membaik. Terlebih lagi ia menjadi sangat possesif sama Ibu. Maunya nempel terus. Makanya banyak amanah yang tidak bisa ditunaikan dengan maksimal. 

Nah, dari pengalaman ini, Ibu cuma ingin berbagi. Dalam proses penyapihan, rupanya poin sabar dan manajemen ASI ini menjadi faktor sangat penting.

Ibu akui, stok sabar ibu belum memadai. Manajemen ASI pun masih amburadul. Alhasil, saat harus menghadapi problem seperti ini, Ibu tak mampu meng-hadle dengan baik.

Jika anak sudah terbiasa dengan Makanan Pengganti ASI, tentu saja Ibu tidak akan khawatir, saat anak dalam kondisi sakit ketika tidak lagi menyusu ASI. Karena asupan gizi bisa didapatkan dari makanan lainnya. 

Ini lah poin penting yang harus dipersiapkan, idealnya sejak anak menginjak usia satu tahun pertamanya. Karena dalam usia ini, anak sudah bisa lebih 'bebas' bereksplorasi dengan makanan pengganti ASI.

Di tahap ini, usahakan untuk mengurangi frekuensi menyusu. Biasakan untuk menawarkan makan terlebih dahulu sebelum menyusui.

Proses ini sangat penting. Jika berjalan lancar, maka proses penyapihan pun, insyaAllah tidak akan menemui kendala yang berarti.

Setidaknya, anak sudah lebih kenal dan merasa nyaman dengan proses makan, sehingga saat tiba masanya penyapihan, ia tidak akan merasa begitu kehilangan dan susah move on.

Kurang lebih seperti itu.
Terima kasih untuk semua yang sudah berkenan menyimak curhatan Ibu. Semoga ada (walaupun sedikit) ibrah yang bisa dipetik dan menjadi pelajaran di kemudian hari bagi yang membaca.

Selamat mempersiapkan diri dan si Kecil menuju masa penyapihan.



Semoga diberi kelancaran dengan proses yang menyenangkan. 🙏😊

#ODOPbersamaEstrilook
#Day4


Terimakasih sudah berkunjung, boleh jejak di kolom komentar ya jika berkenan. 🙏😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berburu Ide Main dari Instagram

Menjadi orang tua adalah pekerjaan yang melelahkan sekaligus membahagiakan.  Lelah karena pada praktiknya kita dituntut untuk terus belajar, mencukupkan bekal dalam mendampingi tumbuh kembang putra putri kita. Ada banyak hal yang harus kita persiapkan. Entah secara mental maupun secara materil. Ada banyak ilmu yang musti kita kaji, kulik dan pelajari agar proses pendampingan berjalan dengan baik.  Tidak hanya menguras energi, namun proses tersebut dapat menyita waktu dan pikiran kita, sehingga adakalanya pada beberapa kesempatan membuat kita frustasi, ketika kita berhadapan dengan situasi yang clueless . Sebagai orang tua baru, tentu saja ada banyak kebingungan, kecemasan dan ketakutan yang terus menggerogoti pikiran kita.  Hal inilah yang mendorong kita untuk mencari tahu. Menggali sebanyak mungkin referensi yang bisa kita tiru. Menemukan sosok panutan. Menemukan alternatif cara dan kreativitas yang bisa kita terapkan dalam menjalankan peran kita sebagai orang tua

ANTIBIOTIK SEFALOSPORIN

 Asal dan Sejarah Penemuan sefalosporin: -           Brotzu (1954): berasal dari jamur Cephalosporium acremonium (Moniliaceae) -      Abraham dkk (1955-1966): sefalosporin P (tidak aktif) dan sefalosporin N&C (diproduksi komersial) Cephalosporium acremonium Struktur dasar Asam 7-amino-sefalosporanat (7-ACA:7-amino cephalosphoranic acid) yang merupakan cincin dihidrotiazin 7 cincin betalaktam. Perbandingan struktur antibiotika gol. penisilin & sefalosporin  Pembuatan antibiotik sefalosporin Cendawan C. acremonium ditumbuhkan pada agar-agar miring selama 7 hari, koloninya disuspensikan dengan akuades steril dan dituangkan ke dalam cawan petri steril yang selanjutnya diletakkan di bawah lampu ultraviolet (UV) yang telah dikondisikan dengan jarak 15 cm. Pengambilan contoh sebanyak 1 ml dilakukan tepat pada saat cawan petri mulai diletakkan di bawah lampu UV (0 menit) sampai 50 menit dengan interval pengambilannya setiap 5 menit. Contoh

bang zec_in action

efek music ternyata tidak hanya dirasakan oleh orang2 dewasa atau bahkan anak2 yang sudah bisa menikmati keindahan alunan melodi....tapi...bayi sekecil ini pun sudah mulai terbuai dengan alunan melodi mendayu2 berikut ini....haha... dede jako..... slmat mnikmati alunan music yah....^_^ pelajaran moral hari ini: hati-hati mengenalkan music pada anak yah... hehe...