Langsung ke konten utama

Lima Cemilan Simpel yang Bisa dibuat Bersama Si Kecil


Sebagai Ibu, tentu saja kita ingin memberikan yang terbaik untuk Ananda. Namun, acapkali, karena kesibukan yang cukup menguras energi hingga membuat kita lelah jiwa dan raga, kita tidak benar-benar hadir ketika menemani si Kecil. 

Saat penat melanda, yang ada dalam benak kita adalah, "I need 'My Me Time' ...'

Namun, sebagian hati kecil kita pasti akan menampik itu. Apalagi ketika melihat anak-anak yang merengek ingin perhatian dari kita.

Bagaimana caranya agar kita bisa tetap menuntaskan tugas domestik dengan baik, namun tidak serta mengabaikan Ananda?

Salah satu alternatif yang bisa kita lakukan adalah dengan melibatkan Ananda dalam kegiatan 'life skill'.

Sembari menuntaskan tugas domestik, sekalian melatihkan kemandirian, sekalian menguatkan kelekatan, sekalian menanamkan nilai, sekalian belajar sambil bermain.

Seru, kan?

Nah, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama adalah kegiatan 'cooking class'.

Jadi, kali ini, ibu mau berbagi resep simpel saja deh, yang bisa dikerjakan bareng si Kecil, tentu saja.

Lima cemilan simpel, yang bisa kita bikin sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat.

Menyiapkan cemilan bersama si Kecil, bisa sekalian sambil menanamkan 'materi' pembelajaran dengan cara yang menyenangkan, loh. Jadi si Kecil tidak merasa sedang diajari, tetapi tetap dapat materi pembelajaran, ya, Moms. 😁

Yuk, kita eksekusi!

Roti gulung sosis

Nah, kebetulan si Sulung suka sekali dengan roti tawar. Biasanya hanya tinggal oles selai cokelat, atau tabur meises, selesai. Siap untuk disantap.

Namun, agar tidak bosan, kita buat roti gulung sosis saja, yuk!

Ajak si Kecil untuk ikut serta menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan.

Apa saja bahan dan alat yang perlu disiapkan?

  • Roti tawar secukupnya.
  • Sosis siap makan.
  • Telur kocok.
  • Wajan anti lengket.
  • Minyak goreng.

Cara membuat:

Ada dua variasi roti gulung sosis yang bisa kita kreasikan. Pertama dengan cara digoreng, yang kedua dengan cara dipanggang.

Jika digoreng:
  • Ambil selembar roti tawar
  • Taruh satu buah sosis di atasnya, gulung. Oleskan sedikit kocokan telur pada ujung roti tawar agar menempel.
  • Celupkan gulungan roti pada kocokan telur, goreng hingga kecokelatan.
Jika dipanggang, tak perlu lagi dicelupkan pada kocokan telur. Langsung saja dipanggang di atas teflon anti lengket tanpa minyak goreng (atau bisa juga dengan diberi sedikit olesan mentega) hingga berubah warna.

Roti gulung sosis siap dihidangkan. 

Sosis goreng


Nah, kalau ini mudah banget. Tinggal iris tipis, lalu goreng hingga matang. Setelah matang, tekstur sosis menjadi lebih kriuk.
Boleh juga dengan memotong sosis dengan bentuk seperti gurita, agar si Kecil semakin tertarik.

Es krim goyang


Siapkan bahan dan alat yang diperlukan, yaitu:
  • Susu cair, atau susu bubuk yang sudah diseduh. Biarkan dingin atau suhu ruang.
  • Garam secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Wadah dengan tutup

Cara membuat:

  • Masukan susu cair dalam wadah, beserta es batu yang telah dihancurkan agar mudah ditata. Tambahkan garam secukupnya. Tutup rapat. Kocok wadah selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
Taram, susu pun berubah menjadi es krim.

Piza roti

Nah, satu lagi alternatif cemilan yang simpel.

Bahanya apa saja?

  • Roti tawar, potong dadu
  • Telur kocok
  • Sosis

Cara membuat:

  • Kocok telur, masukkan roti yang telah dipotong dadu, aduk rata. 
  • Panaskan wajan anti lengket, tambahkan sedikit minyak, masukkan adonan telur. 
  • Beri toping sosis di atasnya. Biarkan hingga matang. Balik, biarkan sebentar, biar sosis menempel dan matang. Matikan kompor. 
  • Pizza sosis pun siap dihidangkan.

Roti bakar cokelat

Ini juga gampil banget. 
  • Siapkan satu lembar roti, oles dengan selai cokelat, taburi meisis, tumpuk dengan roti lagi di atasnya. 
  • Panggang dalam teflon anti lengket dengan api yang kecil, biarkan sebentar, balik roti. Tunggu hingga matang. Angkat. 
  • Potong-potong sesuai selera. Hidangkan.

Itulah lima macam cemilan simpel yang bisa kita buat sendiri di rumah bareng si Kecil.
Semoga bermanfaat. 🙏

Bagaimana, Moms?
Semua cemilan yang kami buat, simpel dan mudah  untuk dibuat, bukan?


Jadi, cemilan mana nih yang jadi favorit Moms dan si Kecil?

#ODOPbersamaEstrilook


Terimakasih sudah berkunjung, boleh jejak di kolom komentar ya jika berkenan. 🙏😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenalkan Literasi Sejak Dini Lewat Program 'Duta Baca Cilik'

Sejak tujuh hari yang lalu, saya telah mendaftarkan Abang dalam kegiatan literasi bertajuk 'Duta Baca Cilik' yang infonya saya dapatkan melalui sebuah postingan di Facebook.  Begitu membaca, saya langsung tertarik untuk ikut serta, walaupun saya belum yakin, apakah bisa konsisten mengikuti rule yang diberlakukan, karena kebetulan pada saat yang bersamaan, saya sedang memegang banyak amanah yang harus ditunaikan. Namun, demi menemukan kembali ritme kebersamaan bersama duo krucil, saya pun 'menerima' tantangan ini. Dan, sejak Senin lalu, resmilah kami sebagai bagian dari peserta 'Duta Baca Cilik'. Sebuah kegiatan literasi, dimana, kami, para peserta, diwajibkan untuk membaca atau membacakan buku setiap hari.  Sebuah gerakan, yang memiliki tujuan untuk saling mendukung dan memotivasi para Ibunda dalam mengenalkan literasi sejak dini dengan pembiasaan membaca / membacakan buku setiap hari kepada buah hatinya. Bagi saya, ini kesempatan em

[DIY] Tiga Kreasi Mainan Edukasi Berbahan Flanel

Ketika menjadi Ibu, secara otomatis kita dituntut untuk lebih kreatif demi terselenggaranya pendidikan dan pengasuhan anak yang menyenangkan.  Kita dituntut untuk cakap berinovasi, menciptakan permaianan, ataupun kegiatan yang mendukung tumbuh kembang anak sekaligus membuat mereka merasa nyaman dan antusias. Sebagai Ibu, tentu saja kita menginginkan yang terbaik untuk buah hati kita. Adakalanya kita yang dulunya "malas", "tidak cakap", dan cuek tetiba harus menjadi seseorang yang baru, yang menguasai apapun secara otodidak. Hanya karena tekad yang kuat, menjadikan kita teguh memperjuangkan itu semua, sebagai bentuk tanggung jawab dan kewajiban hakiki sebagai madrasah utama bagi buah hati tercinta. Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi tentang apa yang bisa kita kreasikan untuk membuat media bermain yang menyenangkan sekaligus "mencerdaskan" yang bisa kita buat secara mandiri, alias DIY (Do It Yourself) . Berikut beberapa cont

Menggali Potensi Diri dengan Menulis Antologi

Pict: Pixabay Bismillahirrohmaanirrohiim... Tahun ini adalah tahunnya panen buku antologi. Huaaa... ini bahagianya campur-campur sih. Antara senang tapi gemes, soalnya perbukuan ini kok ya launchingnya hampir berbarengan... *kekepindompet Terlepas dari itu, ya pastinya saya sangat bersyukur dong, sekaligus bangga, ternyata saya bisa mengalahkan bisik ketakutan dalam diri yang merasa tak mampu, malas hingga cemas. Bisa nggak ya? Bagus nggak ya? Laku nggak ya? *ups Sebenarnya, dari awal, tujuan saya ikut berkontribusi dalam even nulis buku bareng ini, hanya karena ingin punya karya, yang kelak bisa juga membuat saya, setidaknya merasa bangga dan bersyukur pernah berkontribusi dalam membagikan kemanfaatan dari apa yang saya miliki.  Entah pengetahuan walau cuma seuprit, atau pengalaman yang baru seumur jagung, atau sekedar curahan hati yang bisa diambil hikmahnya oleh yang membaca. *semoga 🤲 Makanya, saat launching buku, saya tidak ngoyo untuk promosi. Atau mung