Langsung ke konten utama

Kaca Mata Ayah

Pixabay

Ardi mengayuh sepedanya sekuat tenaga. Hati anak laki-laki berusia sepuluh tahunan itu dipenuhi buncahan bahagia. Ia ingin segera tiba di rumah, sebelum ayahnya kembali pergi, merantau, bekerja mencari nafkah, agar ia dan adiknya bisa melanjutkan sekolah hingga jenjang yang lebih tinggi.

Keringat mengucur, membasahi pelipis mata. Namun Ardi tak hendak berhenti, menepikan sejenak sepedanya, ia harus secepatnya tiba di rumah. Ia ingin mengabarkan langsung berita bahagia yang baru saja ia ketahui pada ayahnya. Sebelum ayah kembali ke kota.

"Ayah...!" teriak Ardi mengagetkan seisi rumah.

"Ada apa, Ardi?" Ibu tergopoh menghampiri Ardi.

"Ayah, mana, Bu?"

"Sedang mandi," ucap ibu seraya memicingkan mata ke arah kamar mandi.
Ardi nampak tak sabar menunggu.

"Kenapa sih?" tanya ibu heran sekaligus penasaran.

Ardi hanya diam, sambil meremas kuat sesuatu di tangan. Ibu sekilas melirik genggaman tangan Ardi, "Apa itu, Nak?"

Takut-takut Ardi membuka lipatan tangannya. Ibu segera meraih gulungan kertas dari tangan Ardi. Perlahan membentangkan kertas yang tampak kusut itu, kemudian membacanya lirih.

"Ini apa, Nak?" tanyanya haru sekaligus bangga.

"Iya, Bu. Itu karya Ardi. Cerpen yang Ardi tulis menang lomba. Tadi Ardi habis ke kantornya, ambil uang hadiah. Ini buat Ayah," ucapnya terbata seraya menyerahkan bungkusan yang sedari tadi menggantung di stang sepedanya.

Mata ibu berkaca kaca ketika melihat isi bungkusan yang Ardi berikan. "Terimakasih, Nak," ucap Ibu tulus.

"Maafkan Ardi, sudah ceroboh dan tidak mendengar nasehat Ayah dan Ibu, sehingga membuat kaca mata Ayah pecah. Ardi menyesal, Bu. Ardi tidak suka melihat Ayah sedih dan marah, apakah ini bisa membuat Ayah tak marah lagi, Bu?"

Ibu kembali mengangis, dipeluknya tubuh Ardi begitu kuat. Ada rasa haru sekaligus bangga. Ternyata Ardi, anaknya telah tumbuh semakin dewasa, ia telah berupaya bertanggungjawab atas kesalahan yang telah dilakukan.

"Tentu saja Ayah tak marah, Nak," suara berat Ayah menimpali.

Ardi tersenyum melihat Ayahnya terlihat tak marah lagi.

"Justru Ayah bangga padamu. Kau sudah berbuat kebaikan. Bertanggungjawab atas kesalahan yang sudah kau lakukan. Itu barulah anak lelaki sejati, Nak," ujar Ayah bangga.

Ardi berlari menghampiri Ayah, dipeluknya dengan takjim tubuh tegap sang Ayah.

"Maafkan Ardi, Ayah. Sudah membuat ayah kecewa. Ardi berjanji, lain kali tak akan lagi membantah. Ardi akan menuruti nasihat Ayah dan Ibu," ucapnya penuh penyesalan.

"Tidak apa, Nak. Setidaknya kau sudah belajar dari kesalahan. Sungguh, Ayah bangga padamu."

Ardi tersenyum riang menatap wajah sang ayah.

"Dan, terimakasih ya kacamatanya. Ini keren sekali..." kata Ayah sembari memakai kaca mata yang Ardi belikan. Walaupun kacamatanya ternyata hanya kaca mata gaya, bukan kaca mata baca seperti yang sudah Ardi pecahkan.

Namun Ayah tetap menghargai usaha Ardi untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang sudah dilakukan.



Terimakasih sudah berkunjung, boleh jejak di kolom komentar ya jika berkenan. 🙏😊

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenalkan Literasi Sejak Dini Lewat Program 'Duta Baca Cilik'

Sejak tujuh hari yang lalu, saya telah mendaftarkan Abang dalam kegiatan literasi bertajuk 'Duta Baca Cilik' yang infonya saya dapatkan melalui sebuah postingan di Facebook.  Begitu membaca, saya langsung tertarik untuk ikut serta, walaupun saya belum yakin, apakah bisa konsisten mengikuti rule yang diberlakukan, karena kebetulan pada saat yang bersamaan, saya sedang memegang banyak amanah yang harus ditunaikan. Namun, demi menemukan kembali ritme kebersamaan bersama duo krucil, saya pun 'menerima' tantangan ini. Dan, sejak Senin lalu, resmilah kami sebagai bagian dari peserta 'Duta Baca Cilik'. Sebuah kegiatan literasi, dimana, kami, para peserta, diwajibkan untuk membaca atau membacakan buku setiap hari.  Sebuah gerakan, yang memiliki tujuan untuk saling mendukung dan memotivasi para Ibunda dalam mengenalkan literasi sejak dini dengan pembiasaan membaca / membacakan buku setiap hari kepada buah hatinya. Bagi saya, ini kesempatan em

Menggali Potensi Diri dengan Menulis Antologi

Pict: Pixabay Bismillahirrohmaanirrohiim... Tahun ini adalah tahunnya panen buku antologi. Huaaa... ini bahagianya campur-campur sih. Antara senang tapi gemes, soalnya perbukuan ini kok ya launchingnya hampir berbarengan... *kekepindompet Terlepas dari itu, ya pastinya saya sangat bersyukur dong, sekaligus bangga, ternyata saya bisa mengalahkan bisik ketakutan dalam diri yang merasa tak mampu, malas hingga cemas. Bisa nggak ya? Bagus nggak ya? Laku nggak ya? *ups Sebenarnya, dari awal, tujuan saya ikut berkontribusi dalam even nulis buku bareng ini, hanya karena ingin punya karya, yang kelak bisa juga membuat saya, setidaknya merasa bangga dan bersyukur pernah berkontribusi dalam membagikan kemanfaatan dari apa yang saya miliki.  Entah pengetahuan walau cuma seuprit, atau pengalaman yang baru seumur jagung, atau sekedar curahan hati yang bisa diambil hikmahnya oleh yang membaca. *semoga 🤲 Makanya, saat launching buku, saya tidak ngoyo untuk promosi. Atau mung

Resep Praktis Membuat Ebi Furai

Alhamdulillah , masa-masa krisis pada proses penyapihan telah usai. Setelah sekitar semingguan dibikin cemas, sedih sekaligus galau karena anak gadis kelihatan semakin layu setiap hari akibat sakit dalam masa penyapihan, kini ibu bisa bernapas lega. Setelah keluar dari badai kegalauan, akhirnya masa 'panen' pun tiba. Kini ibu bisa dengan tenang mengantar anak gadis tidur siang dan malam tanpa rengekan. Kalau sudah terlihat terkantuk-kantuk, cukup diboyong ke tempat tidur, dengan sedikit diayun-ayun dulu sebentar dalam gendongan, dan kemudian anak gadis pun segera terlelap dengan nyaman.  Masya Allah, tabarakallah. Nah, selepas masa 'mogok' makan berakhir, terbitlah masa mulai doyan makan.  Kebetulan duo krucil ini lagi gemar sekali makan udang balut tepung roti, alias ebi furai.  Jadi, ibu manfaatkan saja peluang ini sebelum mood makan mereka kembali surut. Paling tidak, seminggu tiga kali mungkin ya ibu bergulat dengan perudangan akhir-